PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TURNAMEN GAME TIM (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KABUN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Aprizon, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TURNAMEN GAME TIM (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KABUN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011747.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris, terlihat bahwa sebagian besar siswa atau 15 (60%) siswa tidak mampu berbicara, bertanya atau menjawab dalam bahasa Inggris. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Turnamen Game Tim (TGT) pada siswa kelas V SDN 007 Kabun Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif model turnamen game tim (TGT) pada mata pelajaran bahasa Inggris, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil tes pada siklus I rata-rata kemampuan berbicara bahasa Inggris hanya mencapai 66,8% pada kategori sedang karena berada pada rentang 34 - 66%. Sedangkan pada hasil pengamatan pada siklus II rata-rata kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa mencapai 82,7% pada kategori tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan penerapan pembelajarann kooperatif model turnamen game tim dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:54
Last Modified: 06 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item