ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN ANALISIS DESKRIPTIF JASA PENGIRIMAN PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI PEKANBARU

Dewi Marchelina Sitepu, (2013) ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN ANALISIS DESKRIPTIF JASA PENGIRIMAN PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013252TIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengiriman merupakan kegiatan untuk memindahkan penumpang atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan selamat. Di Pekanbaru ada banyak usaha pengiriman barang yang bersaing memperebutkan pasar. Managing Director PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Johari Zein (2012) mengatakan online shop atau toko online yang tumbuh pesat mendominasi jasa pengiriman JNE, yang tadinya aktifitas jasa kurir ekspress berkontribusi hanya 10%-20% dari total aktifitas ritel JNE, saat ini sudah hampir 50%. Seperti yang telah disampaikan bahwa JNE menguasai pangsa pasar hanya 10%, maka pada penelitian ini akan mengetahui posisi dari JNE dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu dengan multidimensional scaling dan deskriptif. Multidimensional scaling bertujuan untuk menentukan posisi dan deskriptif untuk menentukan keunggulan dari JNE. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa analisis multidimensional scaling menghasilkan pesaing JNE dari setiap pertanyaan yang diajukan kepada masing- masing pelanggan jasa pengiriman. Petanyaan X1 JNE bersaing dengan Fedex dan DHL, pertanyaan X2 JNE bersaing dengan Fedex dan Dakota, pertanyaan X3 JNE bersaing dengan Tiki dan DHL, pertanyaan X4 JNE bersaing dengan ESL dan Fedex, pertanyaan X5 JNE bersaing dengan Fedex dan Pos, pertanyaan X6 JNE bersaing dengan Dakota dan Tiki, pertanyaan X7 JNE bersaing dengan Pos dan Dakota, pertanyaan X8 JNE bersaing dengan Tiki dan Fedex, pertanyaan X9 JNE bersaing dengan ESL dan DHL, pertanyaan X10 JNE bersaing dengan Pos dan ESL, pertanyaan X11 bersaing dengan Tiki dan Dakota, pertanyaan X12 JNE bersaing dengan Tiki dan Dakota, pertanyaan X13 JNE bersaing dengan Pos dan Fedex, pertanyaan X14 JNE bersaing dengan Tiki dan ESL, pertanyaan X15 JNE bersaing dengan Pos dan ESL, pertanyaan X16 JNE bersaing dengan Tiki dan Dakota, pertanyaan X17 JNE bersaing dengan DHL dan Dakota, pertanyaan X18 JNE bersaing dengan Fedex dan Dakota, pertanyaan X19 JNE bersaing dengan Fedex dan ESL, dan pertanyaan X20 bersaing dengan Pos dan Fedex. Untuk keunggulan JNE adalahX2, X3, X4, X5, X9, X13, X14, DAN X15. Kata kunci : Deskriptif, Jasa pengiriman, dan Multidimensional scaling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:30
Last Modified: 08 Sep 2016 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item View Item