USULAN PERBAIKAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODA BALANCE SCORECARD DI RADIO GRESS 105,8 FM PEKANBARU (STUDI KASUS: PT. RADIO GEMARIA POESPA SRIINDRAPURA)

ADE SETIAWARMAN, (2013) USULAN PERBAIKAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODA BALANCE SCORECARD DI RADIO GRESS 105,8 FM PEKANBARU (STUDI KASUS: PT. RADIO GEMARIA POESPA SRIINDRAPURA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013162TIN.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

Radio merupakan media informasi dan hiburan yang sampai saat sekarang ini masih sangat diperhitungkan. Penelitian ini dilakukan di Radio Gress 105,8 FM Pekanbaru. Yang mana pnelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pendengar, kepuasan karyawan serta membrikan usulan perbaikan kinerja pada Radio Gress FM sehingga dapat mendorong perusahaan ke arah tercapainya keunggulan bersaing di masa kini dan yang akan dating, serta akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Balance Scorecard. Dimana Balance Scorecard menilai dari empar perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif internal bisnis serta perspektif pembelajaran pertumbuhan. Dengan menyebar kuisioner kepada 100 responden pendengar didapat indeks kepuasan pendengar sebesar 8.981 sehingga pendengar dapat dikatagorikan puas atas siaran yang dilakukan. Sedangkan indeks kepuasan karyawan yang diperoleh dari penyebaran kuisoner kepada 20 responden karyawan adalah sebesar 1.238 sehingga karyawan dapat dikatagorikan cukup puas. Hal ini berarti perusahaan sudah mampu mencapai indeks kepuasan karyawan. Perspektif keuangan menggunakan pengukuran rasio ROI diperoleh nilai 74 %, Profit Margin dengan nilai sebesar 40 % dan rasio operasi sebesar 15 % sedangkan perspektif proses internal bisnis dilihat dari inovasi produk dengan nilai 15% dan proses operasi dengan nilai 70 %. Dan selain itu penerapan metoda Balance Scorecard dimungkinkan karena radio ini telah memformulasikan visi, misi dan strateginya serta hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja radio dikatakan cukup baik dengan menggunakan metoda Balance Scorecard. Kata kunci : Balance Scorecard, Kualitas Pelayanan, Indeks Kepuasan Karyawan, Indeks Kepuasan Pendengar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:17
Last Modified: 08 Sep 2016 05:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item View Item