Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN UNIT BERSALIN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK LABUH BARU DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FUZZY-SERVQUAL

HERDI YULIAN (2013) ANALISA KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN UNIT BERSALIN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK LABUH BARU DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FUZZY-SERVQUAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201375TIN .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan rumah sakit dikatakan baik jika pasien merasa puas dengan jasa layanan yang diperoleh sesuai dengan harapan. Untuk itu, setiap rumah sakit harus tetap menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya. Metode umum yang biasa digunakan untuk mengukur kualitas layanan adalah servqual (service quality). Keterbatasan yang dimiliki oleh servqual memungkinkan adanya langkah integrasi antara servqual dengan fuzzy logic agar diperoleh hasil yang realistik dan objektif. Kelebihan dari metode ini terletak pada kemampuannya untuk meminimalisir bias dan penilaian subjektifitas responden pada pengumpulan kuesioner, mengingat adanya perbedaan penilaian seseorang terhadap sesuatu bahasa penilaian. Berdasarkan penelitian di unit persalinan RSIA Labuh Baru terdapat 20 atribut kualitas layanan yang harus menjadi prioritas perbaikan antara lain : Kemudahan mencapai lokasi RSIA, Lokasi parkir yang luas, Kebersihan ruang rawat inap pasien, Kerapian ruang rawat inap pasien, Kenyamanan ruang rawat inap pasien, Fasilitas ruang rawat inap pasien, Kerapian penampilan perawat, Pelayanan pemeriksaan yang cepat, Pelayanan perawatan yang cepat, Jadwal pelayanan rumah sakit dijalankan dengan tepat, Prosedur pelayanan rumah sakit dijalankan dengan tepat, Kemampuan dokter tanggap menyelesaikan keluhan pasien, Dokter memberikan informasi yang mudah dimengerti, Perhatian terhadap pasien yang memerlukan pelayanan, Ketersediaan dokter pada saat pasien yang membutuhkan, Kemudahan penyampaian keluhan pasien dan keluarganya, Pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial, Keramahan perawat, Keramahan dokter, Kemampuan dokter dalam menganalisa penyakit. Selain itu, secara keseluruhan pasien masih mempersepsikan kualitas layanan pengelolaan unit bersalin RSIA Labuh Baru terhadap pasien secara negatif, karena nilai servqual secara keseluruhan bernilai -0,030. Kata kunci : Fuzzy, Kualitas Layanan , RSIA, Servqual,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 05 Apr 2016 05:16
Last Modified: 08 Sep 2016 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item