PENERAPAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI KISAH NABI MATA PELAJARAN SKI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Abdurrahman, (2013) PENERAPAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI KISAH NABI MATA PELAJARAN SKI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013150PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari gejala-gejala sebagai berikut: 1. Siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. Adanya sebahagian siswa yang melamun ketika proses pembelajaran berlangsung. 3. Hanya sedikit siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. 4. Kurangnya keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, hal ini terlihat hanya sebagian kecil siswa yang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu : Bagaimana penerapan strategi physical Self-Assessment dapat meningkatkan motivasi belajar anak dalam memahami kisah nabi pada pelajaran Pendidikaan Agama Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2011 / 2012, terdiri atas 19 orang siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 11 0rang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah 1) variable meningkatkan Motivasi Siswa 2) variable penerapan Strategi physical Self-Assessment.. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi sebelum diadakan tindakan berada pada posisi rendah dengan nilai 47,8%. Setelah diadakan siklus I dengan 2 kali pertemuan angka tersebut berubah naik menjadi 57,8% berada pada posisi “ Cukup Tinggi”. Sedangkan pada siklus II dengan 2 kali pertemuan ternyata motivasi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar ini ternyata naik lagi menjadi 83,1% bearada pada posisi “ Tinggi”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 21 Dec 2015 04:49
Last Modified: 21 Dec 2015 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item