Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Rhea Novriyanti, - (2020) PENERAPAN STRATEGI FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RHEA NOVRIYANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rhea Novriyanti, (2020) : Penerapan Strategi Firing Line Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa PadaMuatan Pelajaran Ipa Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia melalui penerapan strategi pembelajaran Firing Line kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 18 orang siswa kelas V. Adapun objeknya adalah strategi pembelajaran Firing Line dan keaktifan belajar siswa.Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data penerapan strategi pembelajaran Firing Line terbukti mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sebelum tindakan perbaikan, nilai rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 50,23% atau berada pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 65,52% dan masih berada pada kategori cukup. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat lagi menjadi 80,90% dan sudah berada pada kategori sangat baik. Artinya keaktifan belajar siswa telah meningkat, dengan demikian disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran Firing Line pada tema organ gerak hewan dan manusia dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dikelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata kunci: Strategi PembelajaranFiring Line, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:14
Last Modified: 18 Jan 2021 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31960

Actions (login required)

View Item View Item