Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPETITIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 PULAU BIRANDANG

Rati Rahayu, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPETITIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 PULAU BIRANDANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RATI RAHAYU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rati Rahayu, 2020 : Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa, diantaranya siswa kurang mampu memahami permasalahan, siswa kurang mampu membuat rencana menyelesaian permasalahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 15 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik Observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperatif integrated reading and composition dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa rata-rata mencapai 45% atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Cooperatif integrated reading and composition pada siklus I, nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata 66,66 masih kategori kurang. Pada siklus II nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dengan rata-rata 80,66 dengan kategori cukup. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:08
Last Modified: 18 Jan 2021 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31901

Actions (login required)

View Item View Item