Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA PESERTA BPJS KESEHATAN DIKANTOR BPJS KESEHATAN CABANG PEKANBARU

Wahyu Ali Fatma, - (2020) KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA PESERTA BPJS KESEHATAN DIKANTOR BPJS KESEHATAN CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB VI..pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

Komunikasi Humas merupakan mediator yang berada antara pimpinan organisasi dengan publiknya, baik dalam upaya membina hubungan masyarakat internal maupun eksternal. Daalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa masalah komunikasi humas yang ada dikantor BPJS cabang Pekanbaru yaitu masih terdapat banyaknya peserta BPJS yang tidak tau cara menggunakan kartu BPJS dan juga merubah data kepesertaannya. Oleh sebab itu peneliti meneliti bagaimana komunikasi humas dalam memberikan pelayanan berupa informasi kepada peserta yang datang agar mudah dipahami oleh peserta BPJS. Ada empat langkah yang harus di perhatikan daalam memberikan pelayanan yaitu :Defining the Problem, Planing and Programming,Taking Action and Communicating,Evaluating the Program. Lokasi penelitian ini di laksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang kota Pekanbaru, dengan waktu penelitian Juli - Agustus 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi humas dalam meningkatkan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Humas dalam hal ini diwakili frontliner yaitu divisi pelayanan BPJS Kesehatan cabang kota Pekanbaru menjalankan fungsi sebagai penyambung lidah dan penyampai informasi antara pihak BPJS Kesehatan dengan masyarakat melalui sebuah pelayanan yang dilakukan secara langsung dikantor BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru sudah memenuhi 4 aspek Komunikasi Humas yang peneliti jadikan acuan. Defining the problem yaitu adanya pelatihan sebelum melayani peserta, Planing and Programming yaitu humas mempelajari situasi berdasarkan apa yang terjadi dan apa yang harus dilakukan dan dikatakan , Taking Action and Communicatig yaitu humas memberikan pelayanan dengan sabar dan komunikatif, Evaluating the Program yaitu memberikan pelayanan terbaik lalu memberikan kesempatan peserta maupun calon peserta BPJS Kesehatan untuk menilai pelayanan yang diberikan dan mengevaluasi diri merupakan bentuk tanggung jawab kepada peserta BPJS Kesehatan sehingga BPJS Kesehatan sudah memberikan pelayanan atau Service Excelent yang baik serta sesuai standar kepada peserta maupun calon peserta yang datang kekantor BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jan 2021 09:04
Last Modified: 18 Jan 2021 09:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31891

Actions (login required)

View Item View Item