ANALISIS PENERAPAN PSAK NO. 101 PADA LAPORAN KEUANGAN KOPERASI SYARIAH BMT AGROMADANI - ROKAN HILIR (Studi Kasus pada Koperasi Syariah BMT Agromadani di Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2018)

ILHAM TAUHID, - (2020) ANALISIS PENERAPAN PSAK NO. 101 PADA LAPORAN KEUANGAN KOPERASI SYARIAH BMT AGROMADANI - ROKAN HILIR (Studi Kasus pada Koperasi Syariah BMT Agromadani di Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB V)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

ILHAM TAUHID (2020): ANALISIS PENERAPAN PSAK NO. 101 PADA LAPORAN KEUANGAN KOPERASI SYARIAH BMT AGROMADANI - ROKAN HILIR (Studi Kasus pada Koperasi Syariah BMT Agromadani di Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2018) Perekonomian Islam di Indonesia saat ini semakin berkembang, hal ini dapat di lihat dengan munculnya lembaga-lembaga perekonomian yang berazaz Islam, seperti Bank Mu‟amalat Indonesia (BMI), Bank Syari‟ah Mandiri (BSM), Bank Pengkreditan Rakyat Syari‟ah (BPRS), Asuransi Tafakul, Baitul Mal Wat Tamwil (BMT)dan lain-lain. Bahkan lembaga keuangan yang konvensinal pun mulai membuka unit syariah. Penelitian ini dilakukan pada BMT Agromadani Rokan Hilir . Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa kesesuaian penyusunan laporan keuangan pada koperasi syariah BMT Agromadani - Rokan Hilir dengan PSAK No. 101.Metode penelitian ini adalah dengan metode kualitatif model Miles and Hubertman, teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung dan wawancara langsung dengan pihak BMT Agromadani - Rokan Hilir yang terkait dengan laporan keuangan tersebut. Sedangkan sumber data berasal dari peraturan yang berlaku dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan BMT Agromadani - Rokan Hilir sebagian sudah diterapkan oleh BMT Agromadani, namun ada beberapa yang belum sesuai dengan PSAK No. 101 antara lain : laporan keuangan yang disajikan hanyalah neraca, laba rugi dan perubahan modal, pada laporan neraca BMT Agromadani belum sesuai dengan PSAK No.101, BMT Agromadani - Rokan Hilir tidak membuat laporan sumber dan penggunaan dana zakat, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan, dan pada laporan laba rugi BMT Agromadani - Rokan Hilir memasukkan dana zakat dan dana kebajikan kedalam akun biaya operasional lain. Dengan penelitian ini diharapkan BMT Agromadani - Rokan Hilir menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No.101. Kata Kunci : Laporan Keuangan, PSAK No. 101

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:41
Last Modified: 18 Jan 2021 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31734

Actions (login required)

View Item View Item