Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL (STUDI KASUS PADA PT. KARYA SARANA KONSTRUKSI PEKANBARU TAHUN 2018)

NINA SANY FAJARINI, - (2020) ANALISIS KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL (STUDI KASUS PADA PT. KARYA SARANA KONSTRUKSI PEKANBARU TAHUN 2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sayrif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK “ANALISIS KOREKSI FISKAL ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL (Studi Kasus pada PT. Karya Sarana Konstruksi Pekanbaru Tahun 2018)” OLEH: NINA SANY FAJARINI NIM: 11573202110 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas laporan keuangan pada PT. Karya Sarana Kontruksi menurut Standar Akuntansi Keuangan dan Undang-Undang Pajak Penghasilan. Dengan melakukan rekonsiliasi, perseroan tidak perlu membuat dua pembukuan untuk tujuan yang berbeda. Perseroan cukup melakukan koreksi terhadap pos-pos yang berbeda. Koreksi positif akan menambah penghasilan kena pajak, sedang koreksi negatif akan mengurangi penghasilan kena pajak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beda antara laba perhitungan beban pajak menurut perusahaan dengan peneliti. Perbedaan ini dikarenakan laporan komersial disusun berdasar Standar Akuntansi Keuangan, sedang laporan keuangan fiskal disusun sesuai peraturan perpajakan. Ketentuan perpajakan mempunyai kriteria tertentu tentang pengukuran dan pengakuan terhadap unsur-unsur yang umumnya terdapat dalam laporan keuangan. Ukuran itu, dapat saja kurang sejalan dengan prinsip akuntansi (komersial). Contohnya: transaksi-transaksi pendapatan dan biaya tertentu yang boleh diakui akuntansi tetapi tidak boleh diakui oleh pajak, atau sebaliknya. Dengan demikian, apabila terjadi ketidaksesuaian antara ketentuan perpajakan dan praktek atau standar akuntansi yang berlaku umum, Undang-Undang Perpajakan mempunyai prioritas untuk dipatuhi diatas praktek kelaziman akuntansi. Kata Kunci : Koreksi Fiskal, Rekonsliasi Fiskal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:42
Last Modified: 18 Jan 2021 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31733

Actions (login required)

View Item View Item