Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERSIKAP EMPATI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

Aspriyana, - (2020) PENGARUH PELAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERSIKAP EMPATI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aspriyana, (2020): Pengaruh Pelayanan Konseling Kelompok terhadap Kemampuan Bersikap Empati Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pelayanan konseling kelompok terhadap kemampuan berempati siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pelayanan konseling kelompok terhadap kemampuan berempati siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang bermasalah. Dengan subjek penelitian adalah beberapa siswa yang diberikan layanan oleh guru BK sebagai anak yang bermasalah. Data dikumpulkan melalui teknik angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMAN 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan perhitungan didapatkan t hitung > t tabel, (12,116 < 2.262 dan signifikansi < 0.05 (0.00 < 0.05), atau Ha diterima, dengan kata lain menunjukan adanya pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan berempati siswa ketika setelah dilaksanakan konseling kelompok di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Hasil ini juga dibuktikan dari nilai rata-rata kemampuan berempati siswa sebelum pelaksanaan konseling kelompok dengan rata-rata mencapai 64,60, dan jika dibandingkan dengan setelah dilaksanakan konseling kelompok rata-rata kemampuan berempati siswa meningkat lebih baik menjadi 99,80, maka dapat dikatakan terdapat perbedaan yang lebih baik kemampuan berempati setelah dilaksanakan konseling kelompok dibandingkan tidak menggunakan konseling kelompok Kata Kunci: Konseling Kelompok, Kemampuan Berempati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2021 08:41
Last Modified: 13 Jan 2021 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31691

Actions (login required)

View Item View Item