Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGAKUAN, PENGUKURAN DAN PENGUNGKAPAN PENDAPATAN DAN BEBAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) PADA INDUSTRI PERHOTELAN (STUDI KASUS PADA HOTEL PURI SUNGAI GUNTUNG)

SHERLY ATIKA HERNIS, - (2020) ANALISIS PENGAKUAN, PENGUKURAN DAN PENGUNGKAPAN PENDAPATAN DAN BEBAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) PADA INDUSTRI PERHOTELAN (STUDI KASUS PADA HOTEL PURI SUNGAI GUNTUNG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Pengakuan,Pengukuran Dan Pengungkapan Pendapatan Dan Beban Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Pada Industri Perhotelan (Studi Kasus pada Hotel Puri Sungai Guntung) DOSEN PEMBIMBING: Hj. ELISANOVI, S.E.MM., Ak.CA OLEH: SHERLY ATIKA HERNIS NIM. 11673202272 Standar yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) merupakan suatu pedoman dalam penyusunan laporan keuangan untuk tujuan pelaporan bagi pengguna laporan tersebut. Di dalam SAK diuraikan dan dijelaskan tentang pengakuan,pengukuran dan pengungkapan pendapatan dan beban yang dapat digunakan bagi perusahaan – perusahaan. Penggunaan SAK bagi Hotel Puri bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pengakuan, Pengukuran Dan Pengungkapan Pendapatan Dan Beban Yang Diterapkan Hotel Puri Telah Sesuai Dengan Standar Akuntansi Keuangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yaitu dimana peneliti mengumpulkan, menganalisa serta melihat penyajian laporan keuangan perusahaan. Jenis data penelitian ini adalah Data Kualitatif(berbentuk kata-kata) dan Data Kuantitatif (berbentuk angka). Sumber Data penelitian ini adalah Data Primer (wawancara) dan Data Sekunder (data yang diperoleh dari berbagai sumber yang relevan). Teknik Pengumpulan Data penelitian ini adalah Dokumentasi (profil perusahaan dan laporan keuangan), dan Interview / wawancara (dilakukan dengan pihak-pihak yang bersangkutan).Metode Analisis Data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hotel Puri Sungai Guntung belum menerapkan SAK mengenai pengakuan dan pengukuran pendapatan, sehingga masih terdapat kesalahan didalam laporan keuangan kerena belum melakukan pengakuan seluruh pendapatan. Penelitian ini menyarankan supaya Hotel Puri kedepannya mempelajari literatur-literatur pembantu dalam penerapan SAK mengenai pendapatan. Kata Kunci: SAK , Pendapatan,Pengakuan,Pengukuran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 13 Jan 2021 07:36
Last Modified: 13 Jan 2021 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31689

Actions (login required)

View Item View Item