Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Motivasi Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di PT. Capella Dinamik Nusantara Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Produk Honda Beat Dan Supra X 125)

Ary Utama Putra, - (2019) Pengaruh Motivasi Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di PT. Capella Dinamik Nusantara Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Produk Honda Beat Dan Supra X 125). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (947kB)

Abstract

ABSTRAK Ary Utama Putra (2019): :Pengaruh Motivasi Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di PT. Capella Dinamik Nusantara Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Produk Honda Beat Dan Supra X 125) Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi sikap konsumen dan juga untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh dominan yang mempengaruhi minat beli terhadap keputusan pembelian supra x 125 dan beat di PT. Capella Dinamik Nusantra Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Supra X 125 dan Beat di Kota Pekanbaru yaitu sebanyak 21.582 orang. Kemudian sampel diperoleh dengan menggunakan metode slovin dengan persentasi kelonggaran sebesar 10% sehingga responden diperoleh sebanyak100 orang. Berdasarkan persamaan regresi linear berganda diperoleh bersamaan: Y = 1,691+ 0,127 (X1) + 0,062 (X2) + e Dari persamaan diatas dapat dijabarkan bahwa variable motivasi (X1) berpengaruh sebesar 0,127 terhadap variable keputusan pembelian (Y).Dengan demikian variable motivasi mempunyai pengaruh yang paling dominan dengan koefesien regresi sebesar 0,127 terhadap keputusan pembelian (Y). Melalui uji-t variable Motivasi berdasarkan hipotesis merupakan variabel yang paling dominan dan paling siginifikan mempengaruhi pembelian sepeda motor Honda supra x125 dan beat dengan t hitung sebesar 3.570 dan tingkat signifikan 0,001. Sedangkan melalui uji-F didapatkan F hitung sebesar 407,809 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dan F tabelnya sebesar 2,721, sehingga terlihat bahwa terdapat pengaruh yang kuatantara variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefesien determinasi dari hasil Adjusted R Square sebesar 0,941. Artinya 94,53 % minat beli dalam mengambil keputusan pembelian sepeda motor Honda Supra x125 dan Beat dipengaruhi oleh Motivasi dan sikap. Sedangkan sisanya sebesar 5,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian hipotesis Pertama dalam penelitian ini juga terbukti dan dapat diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sikap dan Motivasi saling mempengaruhi terhdap keputusan pembelian Sepeda Motor di PT. Capella Dinamik Nusantara Pekanbaru. Dengan variabel Motiavasi sebagai variabel terkuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Honda. Menurut tinjauan ekonomi syariah, motivasi dan sikap konsupen pada PT. Capella Dinamik Nusantara sudah sesuai dengan ekonomi syariah karena tujuan pembelian dari sepeda motor dengan tujuan sebagai alat pembantu dalam kehidupan sehari-hari dan bukan sebagi alat untuk alat menghambur-hamburkan uang yang dimana pandangan islam terhadap keborosan adalah hal yang tidak baik dan merupakan salah satu bentuk godaan syaitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jan 2021 08:14
Last Modified: 13 Jan 2021 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31683

Actions (login required)

View Item View Item