Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI RIAU DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI

Annisa, - (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI RIAU DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Annisa Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Riau dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Penelitian ini dilatarbelaking kurang nya kedisiplin kehadiran atau absensi di kantor, seperti masuk yang terlambat dan pulang yang cepat sebelum waktu nya, keluar masuk kantor sesuka hati misalnya belum jam istirahat sebagian ada yang keluar untuk melakukan kegiatan pribadi, ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, serta kurang nya komunikasi antara pegawai dengan pimpinan seperti, kepala biro, kepala bagian atau kepala sub bagian dalam bekerja sehingga terjadi miss communication, hal demikian terjadi dapat berpengaruh terhadap kinerja pegawai sehingga dapat berdampak pada tugas dan tanggung jawab mereka. Oleh sebab itu diperlukan strategi komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan untuk pegawai nya, karena strategi merupakaan perencanaan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam penelitian ini ada tujuan yang ingin dicapai oleh pimpinan yakni untuk meningkatkan kinerja pegawai. Dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai perlu beberapa startegi komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jenis penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Informan penelitian berjumlah tiga orang, yakni Kepala Biro Admnistrasi Pimpinan, Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan serta Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan ada empat langkah strategi komunikasi yang dilakukan pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai, Pertama mengenal khalayak (pegawai) dengan saling bertegur sapa ketika bertemu, memiliki daftar nama pegawai, serta mengenali secara natural saja selama bekerja dan melakukan interaksi dengan pegawai. Kedua menyusun pesan, pesan tersebut berupa pesan dalam memberikan motivasi atau semangat yang diperlukan pegawai, pesan untuk memenuhi kebutuhan pegawai dikantor/fasilitas, pesan untuk dapat melakukan kegiatan yang mempererat kekeluargaan antar sesama, pesan dalam memberi contoh teladan kepada pegawai, misalnya disiplin dalam kehadiran dikantor, pesan akan memberikan reward kepada pegawai jika baik dalam bekerja, pesan untuk terus melakukan pengawasan dalam bekerja. Ketiga menentukan metode, metode yang digunakan ialah metode redundancy dan canalizing serta metode informatif, kursif dan edukatif dengana alasan setiap pegawai beda cara mereka dalam menerima pesan yang diberikan. Terakhir pemilihan media, media yang digunakan ialah media online berupa whatssapp grup, video call, dan lain-lain sementara offline ialah menyampaikan secara langsung, maupun dengan surat. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pimpinan, Meningkatkan, Kinerja Pegawai, Biro Administrasi Pimpinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:48
Last Modified: 12 Jan 2021 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31681

Actions (login required)

View Item View Item