Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru

Rekha Saskia Herman, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rekha Saskia Herman, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pemebelajaran tematik tepatnya muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes berbicara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan berbicara siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 55% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada siklus I keterampilan berbicara siswa meningkat dengan klasikal 69% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa semakin meningkat dengan ketuntasan klasikal 83% atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV A Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2021 04:05
Last Modified: 15 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31661

Actions (login required)

View Item View Item