Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN NPWP SECARA ELEKTRONIK(EREGISTRATION)TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH WAJIB PAJAK TERDAFTAR DI KPP PRATAMA DUMAI

IRPAN SUSANTO, - (2020) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN NPWP SECARA ELEKTRONIK(EREGISTRATION)TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH WAJIB PAJAK TERDAFTAR DI KPP PRATAMA DUMAI. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN NPWP SECARA ELEKTRONIK(EREGISTRATION)TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH WAJIB PAJAK TERDAFTAR DI KPP PRATAMA DUMAI IRPAN SUSANTO 01776101001 Pajak adalah sumber penerimaan terbesar bagi negara, maka pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Salah satu upaya yang dilakukan DJP adalah dengan penerapan sistem teknologi informasi dalam pendaftaran wajib pajak untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak, atau disebut e-Registration. Nomor Pokok Wajib Pajak sendiri mempunyai fungsi sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak, menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan, sebagai sarana dalam administrasi perpajakan, dan dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan. Penelitian ini menjelaskan fenomena mengenai kepatuhan Wajib Pajak yang dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan oleh KPP Pratama Dumai dan penggunaan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui respon masyarakat atas pelayanan pendaftaran NPWP dengan e-Registration, mengetahui proses pelayanannya, kemudian mengetahui tingkat efektivitas dari pelayanan yang diberikan terhadap peningkatan jumlah Wajib Pajak terdaftar di KPP Pratama Dumai. Dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak piskus efektif meningkatkan jumlah Wajib Pajak terdaftar di KPP Pratama Dumai. Akan tetapi masih ditemukan juga kelemahannya,yakni terbatasnya sumber daya manusia dan sarana prasarana teknologi informasi yang kurang memadai. Penerapan pelayanan di KPP Pratama Dumai sudah cukup baik, perlu dilanjutkan dan ditingkatkan sosialisasinya. Kata kunci : NPWP, efektivitas, wajib pajak.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 336.2 Pajak dan Perpajakan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Perpajakan
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:36
Last Modified: 15 Jan 2021 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31647

Actions (login required)

View Item View Item