Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar

Rafika Elsa Oktaviani, - (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Rafika Elsa Oktaviani (2020): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan random sampling, yaitu untuk uji coba kelompok kecil, diambil sampel sebanyak 12 orang siswa di Sekolah Dasar Negeri 193 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data adalah angket validasi LKPD yang terdiri dari ahli materi, ahli teknologi pendidikan, dan ahli bahasa. Angket praktikalitas yang di isi oleh peserta didik dan guru. Hasil penilaian kevalidan LKPD oleh validator diperoleh rata-rata 89,6% dengan kriteria “sangat valid”. Praktikalitas penilaian respon peserta didik 90,4 % dengan kategori “sangat praktis” dan respon guru sebesar 88,5 % dengan kategori “sangat praktis”. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning sangat valid dan sangat praktis sehingga layak untuk digunakan oleh peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada tema 9 (Benda-benda dilingkungan Sekitar) sub tema 2 (Benda dalam Kegiatan Ekonomi) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery Learning, Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:21
Last Modified: 15 Jan 2021 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31639

Actions (login required)

View Item View Item