Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Polsek Nanggalo dalam Menyosialisasikan Kewaspadaan Terhadap Aksi Pencurian Kendaraan Sepeda Motor di Kota Padang

Mutiara Muthmainnah, - (2020) Strategi Komunikasi Polsek Nanggalo dalam Menyosialisasikan Kewaspadaan Terhadap Aksi Pencurian Kendaraan Sepeda Motor di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Skripsi Gabungan.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV dan V)
Bab 4 dan 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak informasi kejahatan khususnya tentang pencurian sepeda motor yang banyak masyarakat lihat di berbagai media informasi. Tetapi tingkat kesadaran masyarakat terhadap hukum masih rendah, bahkan masih banyak masyarakat yang melakukan tindak kriminalitas. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana strategi komunikasi Polsek Nanggalo dalam menyosialisasikan kewaspadaan terhadap aksi pencurian kendaraan sepeda motor di Kota Padang. Penelitian ini berdasarkan unsur-unsur komunikasi yang baik menurut Lasswell yaitu komunikator, pesan, media, sasaran, dan efek. Metode analisis menggunakan kualitatif dengan studi kasus. Penelitian ini berdasarkan unsur-unsur komunikasi yang baik menurut Lasswell yaitu komunikator, pesan, media, sasaran, dan efek. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Binmas dan Intelkam Polsek Nanggalo serta informan pendukungnya adalah masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Polsek Nanggalo dalam menyosialisasikan kewaspadaan terhadap aksi pencurian kendaraan sepeda motor di Kota Padang cukup baik. Komunikator memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam menyosialisasikan kewaspadaan terhadap aksi pencurian kendaraan sepeda motor di Kota Padang. Pesan yang disampaikan komunikator kepada masyarakat berupa informasi yang bersifat edukatif, persuasif, akurat dan jelas. Media yang digunakan adalah sosialisasi secara langsung melalui pengeras suara, media cetak spanduk dan media sosial instagram, whatsaap, dan facebook. Sasaran dalam menyosialisasikan kewaspadaan terhadap aksi pencurian kendaraan sepeda motor adalah masyarakat Kecamatan Nanggalo. Efek dari masyarakat yaitu respon positif dan apresiasi dari masyarakat Nanggalo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:41
Last Modified: 12 Jan 2021 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31611

Actions (login required)

View Item View Item