Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PUNGUTAN RETRIBUSI JASA PELABUHAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 7 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN KEPELABUHANAN ( Studi Pada Pelabuhan di Pulau Kijang Kecamatan Reteh )

Hendra Gunawan, - (2020) PELAKSANAAN PUNGUTAN RETRIBUSI JASA PELABUHAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 7 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN KEPELABUHANAN ( Studi Pada Pelabuhan di Pulau Kijang Kecamatan Reteh ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hendra Gunawan, 11527104555. Pelaksanaan Pungutan Retribusi Jasa Pelabuhan Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Kepelabuhanan ( Studi Pada Pelabuhan di Pulau Kijang Kecamatan Reteh ) Skripsi ini membahas mengenai pungutan retribusi jasa pelabuhan dari masing-masing pelabuhan yang ada di Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Hasil Pungutan Retribusi Daerah sangat berkaitan erat dengan Pendapatan Asli Daerah Karena keduanya harus menjadi sumber keuangan terbesar, yang didukung kebijakan perimbangan keuangan pusat dan daerah sebagai prasyarat mendasar dalam sistem pemerintahan disuatu daerah tersebut. Dari latar belakang masalah tersebut timbul permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pungutan retribusi jasa pelabuhan di Pulau Kijang berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2019 serta apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi dalam proses pelaksanaan pungutan retribusi di Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian yang di lakukan dengan cara mengadakan identifikasi hukum dan bagaimana efektifitas hukum ini berlaku dalam masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukan survey langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data primer dan data sekunder yang di dapat langsung dari responden untuk dijadikan data atau informasi sebagai dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui, bahwa pelaksanaan pungutan retribusi jasa pelabuhan di Pulau Kijang belum sesuai dengan struktur dan besarnya tarif retribusi dalam pembayaran retribusi sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Retribusi Pelayanan Kepelabuhanan. Hal ini dapat dilihat dari iuran retribusi jasa pelabuhan yang belum terealisasi dengan baik dari masing – masing pelabuhan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi yang di temukan dalam penelitian ini yakni komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi yang memberi pengaruh pada pelaksanaan Peraturan Daerah No.2 tahun 2019 seperti, rendahnya atau minimnya sosialisasi, dan sumber daya manusia yang rendah. Yang mengakibatkan belum efektifnya pelaksanaan pungutan retribusi pada masing-masing pelabuhan di Pulau Kijang Kecamatan Reteh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jan 2021 14:07
Last Modified: 09 Jan 2021 14:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31546

Actions (login required)

View Item View Item