Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN KAPAL KOMPANG MENURUT UNDANG UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN (Studi Pengangkutan Jasa Angkutan Kapal Kompang Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi)

Iim Juni Kaswita, - (2020) TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN KAPAL KOMPANG MENURUT UNDANG UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN (Studi Pengangkutan Jasa Angkutan Kapal Kompang Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Iim Juni Kaswita (2020): Tanggung Jawab Pengangkut terhadap Pengguna Jasa Angkutan kapal kompang menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran (Studi Pengguna Jasa Angkutan Kapal Kompang di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi) Kecamatan pangean merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Di Kecamatan Pangean ini terdapat beberapa jasa penyeberangan salah satunya disebut degan kapal kompang yang digunakan sebagai alat transportasi oleh masyarakat Pangean dengan tujuan mempermudah transportasi bagi masyarakat yang ingin menyeberang ataupun jasa pengangkutan barang keseberang sungai kuantan, Kapal kompang ini pernah mengalami kecelakaan terbalik (karam), putusnya tali kapal kompang dan ada juga di sebabkan lalainya pengemudi kapal kompang, dan pertanggung jawaban pengangkut seharusnya di sesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Tanggung Jawab Pengangkut Terhadap Pengguna Jasa Angkutan Kapal Kompang Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran? Apa faktor penghambat Pelaksanaan Tanggung Jawab Pengangkut Jasa Angkutan kapal Kompang (Studi Kasus di Desa Padang Kunyit).? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Adapun lokasi penelitian ini di lakukan di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Dengan menggunakan metode induktif, kemudian metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran secara luas dan mendalam yang selanjutnya di lakukan analisa terhadap data atau literatur yang di peroleh di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tanggung Jawab Pengangkut Terhadap Pengguna Jasa Angkutan Kapal Kompang menurut peraturan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang pelayaran, belum terlaksana sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Pelaksanaan tanggung jawab pengangkut terhambat disebabkan beberapa faktor : Kurangnya pengetahuan masyarakat Desa Padang Kunyit tentang peraturan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang pelayaran, Kelebihan Muatan Jasa Angkutan Kapal Kompang, Minimnya perlengkapan keselamatan Jasa Angkutan Kapal Kompang, Minimnya keuntungan dari Usaha Jasa Angkutan Kapal Kompang, dan Jasa Angkutan Kapal Kompang Milik Pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jan 2021 14:02
Last Modified: 09 Jan 2021 14:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31544

Actions (login required)

View Item View Item