Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat Dalam Meningkatkan Program IZI To Smart di Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau

Putri Widia Lestari, - (2020) Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat Dalam Meningkatkan Program IZI To Smart di Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Putri Widia Lestari Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat Dalam Meningkatkan Program IZI To Smart di Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemiskinan yang tengah dihadapi oleh masyarakat, dimana kemiskinan tersebut penyebab munculnya permasalahan pada perekonomian masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok termasuk dalam aspek pendidikan. Kemiskinan ini terjadi karena adanya ketimpangan sosial serta tertahannya hak miliki mereka ditangan orang kaya yaitu zakat yang dijadikan modal usaha untuk memenuhi kebutuhan mustahik. Namun sistem organisasi dan manajemen persoalan zakat dikalangan masyarakat secara umum masih bersifat klasikal, sehingga pendayagunaan zakat terkesan masih berkisar pada bentuk konsumtif karikatif yang tidak menimbulkan dampak sosial yang berarti bagi penerima dana zakat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keefektifan pendistribusian dana zakat dalam meningkatkan program IZI To Smart di lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif persentase. Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 klaster yaitu pegawai pendayagunaan zakat Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia dan para penerima dana zakat program IZI To Smart (mustahik). Sampel dalam penelitian ini menggunakan pusrposive sampling yaitu pegawai pendayagunaan zakat Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia berjumlah 8 orang dan para penerima dana program IZI To Smart berjumlah 8 orang (4 orang dari beasiswa mahasiswa dan 4 orang dari beasiswa pelajar). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata persentase yaitu sebesar 96,58%. Yang diperoleh dari penyebaran angket kepada responden pegawai dan pendayagunaan zakat Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia dengan persentase yaitu 96,18% dan responden para penerima dana zakat, infak dan sedekah program IZI To Smart dengan persentase yaitu 96,99%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat dalam Meningkatkan Program IZI To Smart di Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau dikategorikan efektif. Kata kunci: Efektivitas, Pendistribusian Dana Zakat, Program IZI To Smart.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 09 Jan 2021 15:33
Last Modified: 09 Jan 2021 15:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31542

Actions (login required)

View Item View Item