Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KISAH PENYEMBELIHAN NABI ISMAIL DALAM SURAT AS-ṢHĀĀFFĀĀT AYAT 99-111 (KAJIAN PERSPEKTIF TAUHID)

Wan Mohamed Irham, - (2020) KISAH PENYEMBELIHAN NABI ISMAIL DALAM SURAT AS-ṢHĀĀFFĀĀT AYAT 99-111 (KAJIAN PERSPEKTIF TAUHID). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI WAN MOHAMED IRHAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kisah merupakan salah satu metode yang digunakan Allah dalam Al Quran untuk memberikan petunjuk pada hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Dengan kisah, Allah menjelaskan cerita kehidupan hamba-hamba-Nya dimasa lampau untuk diambil hikmah dan ibrah dari apa yang telah terjadi. Skripsi ini membahas tentang kisah penyembelihan Nabi Ismail dalam perspektif tauhid. Nabi Ismail merupakan anak kepada Nabi Ibrahim dan Siti Hajar. Kisah tentang penyembelihan atau pengorbanan besar mereka ini sering kali diceritakan oleh sebahagian orang apabila tibanya bulan Zulhijjah. Ini karena, kisah ini sangat banyak pelajaran yang bisa dijadikan pedoman untuk mengetahui tahap keyakinan dan keimanan seseorang kepada Allah SWT. Justru itu, penulis membahas tentang kisah ini dalam perspektif tauhid. Tujuan penelitian kisah ini adalah untuk mengetahui pemikiran mufasir dalam menafsirkan tentang ayat penyembelihan Nabi Ismail dalam surat Ash-Shaaffaat. Selain itu, penulis juga menjelaskan beberapa hikmah yang bisa dipelajari dari kisah penyembelihan Nabi Ismail ini. Selanjutnya, sebagai sebuah karya ilmiah penulis menggunakan metode pengumpulan dan analisis data melalui penelitian kepustakaan. Penulis mengumpulkan dan menelaah sejumlah buku, tulisan dan sumber bacaan lain yang ada kaitannya dengan pembahasan skripsi ini. Berdasarkan hasil analisis data, penulis dapat simpulkan bahwa : apabila kisah penyembelihan Nabi Ismail ini dikaji dalam perspektif tauhid, maka kisah ini tergolong dalam kumpulan tauhid uluhiyah. Yang bermaksud mentauhidkan Allah dalam segala pekerjaan hamba. Kisah ini mengajar manusia supaya sentiasa bertawakkal kepada Allah, melatih diri agar sentiasa bersabar dan taat kepada perintah Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jan 2021 04:15
Last Modified: 15 Jan 2021 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31514

Actions (login required)

View Item View Item