Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Pekanbaru

Restiananda, - (2020) Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Restiananda, (2020): Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perilaku membolos siswa di SMK Kansai, SMK Taruna dan SMK Telkom Pekanbaru, (2) Faktor yang mempengaruhi perilaku membolos siswa di SMK Kansai, SMK Taruna dan SMK Telkom Pekanbaru, (3) Implikasi layanan Bimbingan dan Konseling terhadap siswa yang membolos di SMK Kansai, SMK Taruna dan SMK Telkom Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa di SMK Kansai, SMK Taruna dan SMK Telkom Pekanbaru dan guru BK di ketiga sekolah tersebut, objek penelitian ini adalah perilaku membolos siswa serta implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Informan utama dalam penelitian ini yaitu masing-masing 1 siswa dari ketiga sekolah tersebut yang melakukan perilaku membolos, sedangkan informan pendukung yaitu masing-masing 1 guru BK dari ketiga sekolah tersebut. Data penelitian dikumpulkan menggunakan wawancara kepada siswa dan guru BK, observasi kepada siswa, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara naratif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa perilaku membolos pada RKS yaitu pergi ke tempat bermain play station dan warung internet saat jam pelajaran, sedangkan pada TA yaitu pergi ke kos temannya untuk bermain game di handphone saat membolos, dan pada RS yaitu bermalas-malasan di masjid hingga ketiduran yang menyebabkan ia berada di luar sekolah setelah jam istirahat. Sementara itu faktor-faktor penyebab perilaku membolos yaitu permasalahan yang berasal dari: (1) personal atau diri sendiri, (2) lingkungan keluarga, (3) lingkungan sekolah. Implikasi layanan BK terhadap siswa yang membolos di SMK Kansai, SMK Taruna, dan SMK Telkom Pekanbaru ialah dalam bentuk layanan konseling individual. Guru bimbingan konseling dari ketiga sekolah di atas sudah menerapkan konseling individual kepada para siswa yang membolos sesuai dengan kebutuhan siswa. Kata Kunci : Perilaku Membolos, Faktor Membolos, Implikasi Layanan BK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jan 2021 09:51
Last Modified: 07 Jan 2021 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31480

Actions (login required)

View Item View Item