Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counterpoint Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru

Novikasari Pramudia, - (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counterpoint Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Novikasari Pramudia, (2020): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counterpoint Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi kooperatif tipe point counterpoint dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe point counterpoint terhadap aktivitas belajar siswa pada mata ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 144 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 orang siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,20%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71,23%. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai aktivitas belajar pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel taraf signifikan 5% (1,669) dan 1% (2,386) atau 1,669 < 8,024 > 2,386 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi kooperatif tipe point counterpoint dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Point Counterpoint, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:58
Last Modified: 07 Jan 2021 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31458

Actions (login required)

View Item View Item