ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 16 PADA PT. RAJAWALI INDAH PEKANBARU (Studi Kasus Pada PT. Rajawali Indah Pekanbaru)

LINA RASNI, - (2020) ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 16 PADA PT. RAJAWALI INDAH PEKANBARU (Studi Kasus Pada PT. Rajawali Indah Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
Lina Rasni.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 16 PADA PT. RAJAWALI INDAH PEKANBARU (Studi Kasus Pada PT. Rajawali Indah Pekanbaru) OLEH : LINA RASNI NIM. 11673200281 Penelitian ini dilakukan pada PT. Rajawali Indah Pekanbaru yang berkedudukan di Jalan Hangtuah Nomor 126 Pekanbaru. PT. Rajawali Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi yang dalam kegiatan usahanya adalah membuat jalan, jembatan, perbaikan jalan, dll. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi aset tetap yang di terapkan oleh perusahaan telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 16 tentang aset tetap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu membandingkan keadaan yang sebenarnya terjadi dengan teori-teori yang relevan dengan masalah terkait. Pengumpulan data dan informasi lainnya dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan beberapa masalah yang terkait dengan aset tetap yaitu : 1) pembebanan penyusutan terhadap aset tetap tanpa memperhatikan tanggal perolehannya, 2) perlakukan perolehan aset tetap, 3) pelepasan terhadap aset tetap yang tidak dapat digunakan kembali dan tidak memberikan manfaat ekonomi dimasa depan, 4) penyajian aset tetap berdasarkan suatu klasifikasi jenis dan fungsinya. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa perlakuan akuntansi aset tetap yang dilakukan perusahaan sudah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 16 tentang aset tetap, namun masih ditemukan beberapa masalah sehubungan dengan aset tetap tersebut serta belum Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 16 tentang aset tetap menerapkan secara sepenuhnya dalam penerapan standar akuntansi. Kata Kunci : PSAK Nomor 16, Aset Tetap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 06 Jan 2021 05:19
Last Modified: 06 Jan 2021 05:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31453

Actions (login required)

View Item View Item