Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HARGA DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN 212 MART KELURAHAN TUAH KARYA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Siti Robiatul Adawiyah, - (2020) PENGARUH HARGA DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN 212 MART KELURAHAN TUAH KARYA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Robiatul Adawiyah (2020) : “Pengaruh Harga dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah” Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah konsumen yang berbelanja di 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Pekanbaru yang mengalami fluktuasi (naik turun). Banyaknya jumlah minimarket yang semakin berkembang, juga menimbulkan persaingan yang ketat sehingga 212 Mart harus cermat dalam mengatur strategi dalam hal harga maupun kepuasan sehingga akan mempengaruhi loyalitas konsumen dalam berbelanja di 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Pekanbaru. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen 212 Mart dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai harga dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen 212 Mart. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen 212 Mart sebanyak 113.148 orang. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Sumber data dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif korelatif menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan regresi Y= 11,236+ 0,347 X1+ 0,234 X2+ e. Secara parsial variabel harga berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan thitung > ttabel yaitu 6,387> 1,98472 dan variabel kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan thitung > ttabel yaitu 3,452> 1,98472. Secara simultan harga dan kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan Fhitung > Ftabel yaitu 37,898> 3,09. Hasil uji R2 sebesar 0,439 artinya nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel harga dan kepuasan sebesar 43,9% dan sisanya 56,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar dari penelitian ini. Hasil koefisien korelasi diketahui R sebesar 0,662 artinya bahwa korelasi antara variabel harga dan kepuasan dengan variabel loyalitas konsumen memiliki hubungan yang kuat. Ditinjau menurut Ekonomi Syariah, bahwa penerapan harga dan kepuasan di 212 Mart telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah dengan melakukan transaksi secara suka sama suka dan memberkian harga sesuai dengan kualitas, kepuasan konsumen dilakukan dengan menjunjung sifat jujur dan benar dalam memberikan informasi, serta loyalitas konsumen yang dilakukan dengan berlemah lembut dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Dari praktek yang dijalankan oleh 212 Mart tidak ada ditemui hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam. Keyword : Harga, Kepuasan, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:02
Last Modified: 12 Jan 2021 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31443

Actions (login required)

View Item View Item