Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 193 Kota Pekanbaru

Yayuk Cicilia, - (2020) Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 193 Kota Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

ABSTRAK Yayuk Cicilia, (2020):Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 193 Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang valid dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan wawancara dan anlisis yang peneliti lakukan bahwa lembar kerja peserta didik yang digunakan adalah LKPD yang dibeli sekolah kepada penerbit dan rendahnya minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implemetation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah instrumen data validitas dan instrumen data praktikalitas. Instrumen data validitas diperoleh dari lembar validasi. Instrumen data praktikalitas diperoleh dari Angket respon peserta didik dan respon guru. Berdasarkan hasil analisis data validitas, validitas lembar kerja peserta didik adalah 94,60% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan layak diujicobakan sebagai lembar kerja peserta didik. Hasil praktikalitas lembar kerja peserta didik pada ujicoba kelompok kecil adalah 88,47% untuk hasil respon peserta didik dan hasil respon guru dengan rata-rata 88,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat praktis untuk meningkatkan minat belajar dan layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik. Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:37
Last Modified: 07 Jan 2021 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31424

Actions (login required)

View Item View Item