ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN PAJAK DENGAN INDIKATOR TARIF PAJAK EFEKTIF (ETR) (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KOMSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2019)

SELVIA AZURA, - (2020) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN PAJAK DENGAN INDIKATOR TARIF PAJAK EFEKTIF (ETR) (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KOMSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
SKRIPSI SELVIA AZURA.pdf

Download (3MB)

Abstract

“ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN PAJAK DENGAN INDIKATOR TARIF PAJAK EFEKTIF (ETR) (STUSI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2019)” OLEH: SELVIA AZURA NIM: 11673204501 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh size, leverage, profitabilitas, inventory intensity, aset tetap, dan komite audit terhadap manajemen pajak pada perusahaan manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan perusahaan. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel pada penelitian ini sebanyak 28 perusahaan. Analisis data menggunakan metode regresi data panel. Hasil analisis regresi data panel (fixed effect) menunjukkan bahwa secara simultan variabel size, leverage, profitabilitas, inventory intensity, aset tetap, dan komite audit berpengaruh secara bersamaan terhadap manajemen pajak. Secara parsial menunjukkan variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen pajak, komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen pajak. Sedangkan variabel size, leverage, inventory intensity, aset tetap tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen pajak. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh manajemen pajak sebesar 67,24% sedangkan sisanya sebesar 32,76% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Kata Kunci: Size, Leverage, Profitabilitas, Inventory Intensity, Aset Tetap, Komite Audit, dan Manajemen Pajak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 05 Jan 2021 13:50
Last Modified: 05 Jan 2021 13:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31419

Actions (login required)

View Item View Item