Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa MTs Nurul Falah Sibiruang

Abdillah, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa MTs Nurul Falah Sibiruang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Abdillah, (2020): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa MTs Nurul Falah Sibiruang Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa MTs Nurul Falah Sibiruang yang belum optimal memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung, mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Self-Efficacy tinggi, sedang dan rendah pada siswa MTs dan mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Self-Efficacy terhadap kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Falah Sibiruang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.C sebagai kelas kontrol dan kelas VII.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, data dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung pada siswa MTs. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Self-Efficacy tinggi, sedang dan rendah pada siswa MTs. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan self Efficacy siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa MTs . Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy, Quasi Eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2021 12:36
Last Modified: 05 Jan 2021 12:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31418

Actions (login required)

View Item View Item