Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Ayu Pepri Ramadeni, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Ayu Pepri.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Pepri Ramadeni, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Bantuan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas ekseperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Pekanbaru . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan modul terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Pekanbaru pada materi laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI IPA yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui wawancara, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 85,63 sedangkan kelas control adalah 78,75. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes ―t‖, maka diperoleh nilai thitung = 3,08 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan modul terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Pekanbaru pada materi laju reaksi, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 14%. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Modul, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2021 13:08
Last Modified: 05 Jan 2021 13:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31402

Actions (login required)

View Item View Item