Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KECERDASAN SPIRITUAL DALAM SURAT AL-MUDDASSIR (Kajian Tafsir Tematik)

SULEMAN, - (2020) KECERDASAN SPIRITUAL DALAM SURAT AL-MUDDASSIR (Kajian Tafsir Tematik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan spritual (SQ) merupakan pengembangan lebih lanjut dari konsep kecerdasan Emosional (EQ). Kalau EQ berpusat pada “hati” maka SQ berpusat pada “hati nurani” (Fuad). Di dalam surah al-Muddatsir ayat 1 sampai 7 terdapat perintah untuk berdakwah (mengajak manusia untuk menyembah Allah), kemudian ayat selanjutnya mengajarkan kita untuk melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) ikhlas dan bersabar. Berdasarkan latar belakang masalah diatas penulis merumuskan beberapa masalah diantaranya: bagaimana penafsiran kecerdasan spiritual dalam surat al-Muddassir menurut para mufassir dan bagaimana tanda-tanda seseorang yang memiliki kecerdasan spiritul dalam surat al-Muddassir. Untuk mengetahui penafsiran dari beberapa mufassir terhadap kecerdasan spiritual dalam surat al-Muddassir. Dan untuk mengetahui kecerdasan spiritual dalam surat al-Muddassir menurut para mufassir. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif (Qualitative Research. Secara garis besar penelitian ini lebih berbasis pada penelitian kepustakaan (Research Library). Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat beberapa kesimpulan diantaranya: 1)Buya Hamka dan Asy-Syaukani tidak menonjolkan penjelasan kata kecerdasan spiritual tetapi dapat dipahami bahwa dari penjelasan keduanya tergambar sikap-sikap yang mengarah kepada kecerdasan spiritual sesuai surat al-Muddassi ayat 1-7. 2) Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan spritual adalah berani menghadapi ujian, mereka mampu melepaskan hal-hal yang bersifat duniawi. Kecerdasan spiritual yang berkembang dengan baik akan di tandai dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, mampu menghadapi rasa takut dan mampu mengambil pelajaran yang berharga dari suatu kegagalan. Kata kunci : Kecerdasan Spritual, Surat Al-Muddassir, (Kajian Tafsir Tematik)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 30 Dec 2020 08:54
Last Modified: 30 Dec 2020 08:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31380

Actions (login required)

View Item View Item