Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN ASNAF FISABILILLAH DALAM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH DI DESA SUAK RENGAS KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK

Afrizal, - (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN ASNAF FISABILILLAH DALAM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH DI DESA SUAK RENGAS KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
Skripsi Afrizal.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Afrizal (2020): Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Asnaf Fisabilillah Dalam Pendistribusian Zakat Fitrah Di Desa Suak Rengas Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Zakat fitrah merupakan zakat wajib bagi setiap muslim yang dikeluarkan karena sebab berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Tujuan adanya zakat fitrah adalah untuk menyucikan jiwa dan mencukupi kebutuhan orang fakir dan miskin pada hari raya Idul Fitri. Pendistribusian zakat fitrah di Desa Suak Rengas hanya di salurkan kepada empat asnaf saja dari delapan asnaf yang ada, yaitu fakir, miskin, orang-orang yang sekolah atau berkuliah diluar kota dan untuk pembangunan masjid. Tujuan di adakannya penelitian ini agar pendistribusian zakat fitrah di Desa Suak Rengas sesuai dengan syariat islam dan tepat sasaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Suak Rengas Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus masjid di Desa Suak Rengas sebanyak 3 (tiga) orang, penerima zakat yang tergolong asnaf fisabilillah sebanyak 7 (tujuh) orang dan tokoh agama sebanyak 2 (dua) orang. Dikarenakan jumlahnya terbatas dan terjangkau maka penelitian ini menggunakan total sampling yaitu berjumlah 12 (dua belas) orang. Teknik yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah melalui obsevasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode pembayaran zakat fitrah di Desa Suak Rengas adalah pemabayaran langsung oleh muzakki kepada mustahik, zakat fitrah tersebut didistribusikan kepada 4 (empat) golongan saja dari 8 (delapan) asnaf yang ada, yaitu fakir, miskin, orang-orang yang sekolah ataupun berkuliah diluar kota dan untuk pembangunan masjid, golongan yang berkuliah diluar kota dan pembangunan masjid keduanya termasuk dalam golongan fisabilillah, sedangkan yang untuk pembangunan masjid adalah zakat maal, bukan zakat fitrah. Prioritas utama dalam zakat fitrah dalah fakir dan miskin agar kebutuhan mereka pada hari raya Idul Fitri terpenuhi. Hal ini berbeda dengan apa yang diterapkan di Desa Suak Rengas sehingga pendistribusian zakat fitrah tersebut tidak tepat sasaran. Kata kunci: Pendistribusian, Zakat Fitrah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:49
Last Modified: 29 Dec 2020 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31371

Actions (login required)

View Item View Item