Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 007 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Nelma Yunita, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 007 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
SKRIPSI NELMA YUNITA.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nelma Yunita, (2020) : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan beroikir kritis siswa pada tema makanan sehat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, diantaranya siswa kurang mampu menjawab pertanyaan dalam bentuk soal HOTS, siswa kurang mampu memberikan alasan mengapa memilih jawaban tersebut, dan siswa belum bisa menarik kesimpulan dari solusi permasalahan yang telah diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 22 orang siswa Sekolah Dasar 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model pebelajaran Problem Based Intruction dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum tindakan hasil kemampuan berpikir kritis siswa rata- rata hanya mencapai 65, 22% atau masih tergolong kurang, tetapi setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa sedikit lebih meningkat menjadi 70, 45% atau tergolong kurang, dan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata- rata menjadi 78, 18% atau tergolong baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction pada tema makanan sehat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:09
Last Modified: 29 Dec 2020 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31368

Actions (login required)

View Item View Item