Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Discovery Learning dan Nilai-Nilai Keislaman untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru

Elsa Novella, - (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Discovery Learning dan Nilai-Nilai Keislaman untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Elsa Novella, (2020): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Discovery Learning dan Nilai-Nilai Keislaman untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, (Define, Design, Development and Desseminate). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning dan Nilai-Nilai keislaman yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru, Riau. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi dan media yang berasal dari dosen dan guru serta peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 6 peserta didik kelompok kecil Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKPD matematika berbasis Discovery Learning dan Nilai-Nilai Keislaman. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara serta angket uji validitas dan angket kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil uji validitas, LKPD matematika berbasis Discovery Learning dan Nilai-Nilai Keislaman dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 89,22% dan sangat pratis dengan tingkat kepraktisan 86,67%. Keunggulan dari LKPD ini dibandingkan dengan LKPD sebelumnya adalah terintegrasi nilai-nilai keIslaman, berbasis masalah dan penemuan serta membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad 21 peserta didik. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang lama. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Model Discovery, Nilai-nilai KeIslaman, Keterampilan Abad 21.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:18
Last Modified: 29 Dec 2020 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31342

Actions (login required)

View Item View Item