Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Program Kampanye Generasi Z Hemat Plastik Yuk! (#GenZHeTikYuk!)

Hesti Rahayu, - (2020) Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Program Kampanye Generasi Z Hemat Plastik Yuk! (#GenZHeTikYuk!). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hesti Rahayu Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul Skripsi :Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Program Kampanye Generasi Z Hemat Plastik Yuk! (#GenZHeTikYuk!) Strategi komunikasi merupakan seluruh rancangan tindakan yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan. Setiap lembaga atau instansi tentu ingin berhasil dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi komunikasi yang dirancang dengan sebaik mungkin agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru dalam mensosialisasikan program kampanye Generasi Z Hemat Plastik Yuk! di Pekanbaru. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang didukung oleh empat langkah teori strategi komunikasi dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi dalam mensosialisasikan program yang pertama adalah menetapkan komunikator, DLHK menentukan Duta Lingkungan dari angkatan pertama (2016-2018) dan kedua (2018-2020) sebagai komunikator. Kedua, menyusun pesan yang akan disampaikan, isi pesan disampaikan sesuai dengan tema program kampanye berdasarkan sistematika dan poin-poin yang telah dirancang. Ketiga, menetapkan khalayak sasaran, yaitu generasi Z terkhusus yang berada di lingkungan Sekolah Dasar sampai SMA/SMK. Keempat, yaitu menentukan media atau saluran, media yang digunakan terdiri dari beberapa jenis, yaitu media luar ruang seperti spanduk, brosur, selain itu juga menggunakan media internet, dan media sosial seperti instagram, youtube, whastapp, facebook, dll. Media yang paling dianggap efektif yaitu media sosial instagram karena kebanyak generasi Z memilikinya, sehingga program ini dapat menyentuh khayalak dan terealisasikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan sosialiasi kampanye ini sudah sesuai dengan teori strategi komunikasi yang digunakan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Program Generasi Z Hemat Plastik Yuk! (#GenZHeTikYuk!)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Dec 2020 11:45
Last Modified: 24 Dec 2020 11:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31330

Actions (login required)

View Item View Item