Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Didiplin Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak Ditinjau Dari Fiqih Siyasah

MILSA DESVA RAHAYU, - (2020) Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Didiplin Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak Ditinjau Dari Fiqih Siyasah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah : Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Didiplin Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak Ditinjau Dari Fiqih Siyasah. Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nasional sangat bergantung pada kualitas Pegawai Negeri Sipil yaitu memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab akan tugas dan kewajibannya. Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai perilaku dan sikap sesuai dengan peraturan perundang-undangan sangatlah penting guna kelancaran tugas negara. Untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas, pemerintah menetapkan sebuah peraturan tentang disiplin yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang dimana peraturan tersebut berisi sebuah kewajiban dan larangan yang harus ditaati oleh setiap Pegawai Negeri Sipil. Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan diantaranya,Bagaimana pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak di tinjau dari fiqh siyasah. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Peraturan Pemerintah tentang Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil sudah sesuai dengan apa yang telah di terapkan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak dan untuk mengetahui bagaimana pandangan Fiqh Siyasah terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini bersifat deskritif. Proses pengumpulan data dalam penelitian, menggunakan metode pengumpulan data, observasi, dan wawancara. Dalam menganalisis, penelitian menggunakan analisa kualitatif dan dibantu dengan menggunakan teori yang bersangkutan dengan permasalahan skripsi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil terutama pelaksanaan pada pasal 3 dan 4 di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak sudah terlaksana dengan baik, walaupun masih ada beberapa pegawai yang melakukan pelanggaran seperti pelanggaran terhadap jam masuk kerja dan tidak mengikuti apel pagi. Namun, semua pegawai yang melakukan pelanggaran tersebut sudah di berikan sanksi sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Hasil tinjauan fiqih siyasah di dalam permasalahan ini terkait kaidah siyasah suturiyah yang mana kaidah dusturiyah membahas tentang hubungan antara pemimpin di satu pihak dan rakyatnya di pihak lain serta kelembagaan-kelembagaan yang ada di dalam masyarakat. Namun setelah dilaksanakan peraturan pemerintah ini adanya ketidaksesuaian dengan kaidah tersebut sehingga para atasan dan pegawai harus menaati dan memahami peraturan ini secara siyasah juga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Dec 2020 05:47
Last Modified: 24 Dec 2020 05:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31325

Actions (login required)

View Item View Item