Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 012 KAMPUNG PANJANG

ANNISA AQILLA, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 012 KAMPUNG PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA AQILLA.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Aqilla, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia melalui penerapan model pembelajaran connecting organizing reflecting extending kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 25 orang siswa kelas V, adapun objeknya adalah model pembelajaran connecting organizing reflecting extending dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, penerapan model pembelajaran connecting organizing reflecting extending terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum tindakan perbaikan, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 53 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 67,4 dan masih berada pada kategori kurang. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat lagi menjadi 76 dan sudah berada pada kategori baik. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa telah meningkat, dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model connecting organizing reflecting extending pada tema organ gerak hewan dan manusia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dikelas V sekolah dasar negeri 012 kampung panjang. Kata kunci: Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:24
Last Modified: 23 Dec 2020 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31297

Actions (login required)

View Item View Item