Liza Nuranita (2016) PENERAPAN STRATEGI MENYEMARAKKAN SUASANA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 020 DESA PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi menyemarakkan suasana belajar di kelasIV Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi menyemarakkan suasana belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVSekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung tahun ajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan strategi menyemarakkan suasana belajaruntuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebelum tindakan motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata 44,88%, berada pada rentang 40% - 55% dengan kategori “Kurang Baik”. Pada siklus I pertemuan motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 48,86%, berada pada rentang40% - 55% dengan kategori “Kurang Baik”. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA juga meningkat dengan rata-rata 81,53%, berada pada rentang 76% - 100% dengan kategori “Baik”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 08:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3127 |
Actions (login required)
View Item |