Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN KEPALA DESA DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER PENDAPATAN DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA KAMPUNG BARU TIMUR KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

ROBBY PRIATAMA, - (2020) PERANAN KEPALA DESA DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER PENDAPATAN DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA KAMPUNG BARU TIMUR KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

ABSTRAK Sumber pendapat desa yang belum dikembangkan di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti, antara lain adalah pasar desa, penampungan hasil pertanian dan pengelolaan hutan milik desa, yang seharusnya dapat dikembangkan untuk menambah pendapatan desa dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa. Peran kepala desa di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti belum begitu terlihat, dan belum dapat memberikan hasil yang dapat membangun desa sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena itu kepala desa mempunyai wewenang penuh terhadap pengembangan pendapatan desa sebagaimana yang diatur dalam undang-undang. Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan kepala desa dalam mengembangkan sumber pendapatan desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti, dan apa kendala yang dihadapi oleh kepala desa dalam mengembangkan sumber pendapatan desa di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti. Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis atau empiris yaitu penelitian yang bertitik tolak dari data yang didapat langsung dari responden penelitian, disamping itu penelitian sosiologis juga dimaksudkan untuk mengungkap efektifitas berlakunya suatu aturan hukum yang berlaku pada masayarakat. Jika dilihat dari sifatnya maka penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu penelitian ini ditujukan semata-mata untuk mengetahui gambaran dari suatu kenyataan secara lengkap, rinci, dan jelas terhadap bagaimana peranan kepala desa dalam mengembangkan sumber pendapatan desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa peranan kepala desa dalam mengembangkan sumber pendapatan desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti, antara lain dilihat dari pembentukan dan pemberdayaan pasar desa, pembentukan tempat penampungan hasil pertanian masyarakat desa, serta pengelolaan hutan milik desa, belum dapat dilakukan oleh kepala desa Kampung Baru Timur secara maksimal karena masih dihadapi oleh berbagai kendala, sehingga belum dapat dilakukan sesuai dengan tujuannya. Kendala yang dihadapi oleh kepala desa dalam mengembangkan sumber pendapatan desa di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti, antara lain adalah kurangnya dukungan dari masyarakat, masih rendahnya kemampuan perangkat pemerintah desa, serta masih rendahnya kemampuan anggota BPD, karena untuk membentuk dan mengembangkan sumber pendapatan desa sangat diperlukan konsep-konsep yang jelas dan payung hukum yang dijadikan dasar untuk melaksanakan program peningkatan sumber pendapatan desa tersebut, tetpai hal ini belum dapat dilakukan secara maksimal karena pihak-pihak yang bersangkutan belum mempunyai pengetahuan terhadap hal tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Dec 2020 04:58
Last Modified: 20 Dec 2020 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item