Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 05 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum Dalam Penertibkan Warung Remang-Remang Di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki Ditinjau Dari Fiqh Siyasah.

DONALIO RAMADHANA, - (2020) Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 05 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum Dalam Penertibkan Warung Remang-Remang Di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki Ditinjau Dari Fiqh Siyasah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 05 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum Dalam Penertibkan Warung Remang-Remang Di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki Ditinjau Dari Fiqh Siyasah. Seiring dengan perkembangan yang terjadi di masayarakat perkotaan khususnya keberadaan masyarakat yang terdiri beraneka ragam agama dan kebudayaan, maka untuk menyelaraskan agar tidak terjadinya penyimpangan maupun timbulnya penyakit masyarakat perlu adanya suatu pembentukan suatu Peraturan Daerah di Kota Pekanbaru yang bertujuan untuk memajukan dan menjaga ketertiban umum. Salah satunya upaya dari pemerintah adalah dengan membentuk Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 05 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum Dalam Menertibkan Warung remang-remang di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki Ditinjau Dari Fiqh Siyasah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Kemudian dalam populasi dan sampel (pupose sampling) secara keseluruhan adalah sumber data yang dikumpulkan untuk bahan penelitian. Melalui wawancara dan observasi dilapangan penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan Fiqh Siyasah dengan menampilkan nash Al-Qur’an, hadist, dan kaidah fiqhiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 05 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum dalam menertibkan warung remang-remang di kelurahan sungai sibam kecamatan payung sekaki, maka penulis memperoleh jawaban bahwasanya terkait pelaksanaan peraturan ini sudah mengalami kemajuan dari segi penertiban warung remang-remang dari tahun-tahun sebelumnya. dan hambatan pelaksanaan peraturan ini adalah dari kurangnya sosialisasi, penegakan hukum yang kurang tegas, kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya koordinasi antar lembaga yang berwenang dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Dec 2020 11:59
Last Modified: 18 Dec 2020 12:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31230

Actions (login required)

View Item View Item