Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KADAR HARA MIKRO TANAH LAHAN SAWAH SETELAH 34 TAHUN DI DESA KEMUNING MUDA KECAMATAN BUNGA RAYA KABUPATEN SIAK

Muliadinur, - (2020) KADAR HARA MIKRO TANAH LAHAN SAWAH SETELAH 34 TAHUN DI DESA KEMUNING MUDA KECAMATAN BUNGA RAYA KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KADAR HARA MIKRO TANAH LAHAN SAWAH SETELAH 34 TAHUN DI DESA KEMUNING MUDA KECAMATAN BUNGA RAYA KABUPATEN SIAK Muliadinur (11582103883) Di bawah bimbingan Oksana dan Mokhamad Irfan INTISARI Peningkatan jumlah penduduk tidak diiringi dengan peningkatan produksi padi sebagai bahan pokok utama sehingga perlu pengkajian tentang upaya peningkatan produktivitas yang diawali dengan analisis kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kimia tanah pada penggunaan lahan sawah setelah 34 tahun di Desa Kemuning Muda Kabupaten Siak. Sample tanah diambil dengan cara mengompositkan beberapa subsampel dari lahan sawah seluas 51 ha di Desa Kemuning Muda. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi. Penentuan titik sample dilakukan dengan metode Diagonal dan semak belukar sebagai pembanding. Parameter meliputi: pH, Besi (Fe), Mangan (Mn), Zink (Zn) dan Tembaga (Cu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur Mn normal pada tanah semak belukar karena kondisi lahan yang tidak selalau tergenang, sedangkan defisiensi pada lahan sawah yang selalu digenangi air, unsur Fe dan Zn pada tanah sawah dan semak belukar kategori berlebih, unsur Cu tanah sawah dan semak belukar kategori defisiensi dan pH tanah sawah dan semak belukar ketegori sangat masam. Kata Kunci : Hara mikro, Lahan, Sawah, Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:13
Last Modified: 15 Dec 2020 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31198

Actions (login required)

View Item View Item