Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN DAN SUHU EKSTERNAL TERHADAP SUSUT UMUR TRANSFORMATOR (Studi Kasus : PT PLN (Persero) Gardu Induk Garuda Sakti)

Tiko Arjanati Putra, - (2020) ANALISIS PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN DAN SUHU EKSTERNAL TERHADAP SUSUT UMUR TRANSFORMATOR (Studi Kasus : PT PLN (Persero) Gardu Induk Garuda Sakti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB I, II, dan III)
Kecuali IV V.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV dan V)
BAB IV dan V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tiko Arjanati Putra(2020):ANALISIS PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN DAN SUHU EKSTERNAL TERHADAP SUSUT UMUR TRANSFORMATOR Dewasa ini dengan meningkatnya konsumsi listrik, PLN sebagai penyedia energi listrik sering mengalami permasalahan kerugian daya pada jaringan distribusi, salah satu penyebabnya dikarenakan pembebanan yang tidak merata yang mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan beban dari setiap fasanya. Selain itu ketidakseimbangan beban dan suhu eksternal transformator akan mempengaruhi suhu yang terjadi pada trasformator, sehingga akan mempengaruhi peforma serta terjadinya susut umur pada transformator. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh ketidakseimbangan terhadap losses sebelum dan sesudah dilakukan penyeimbangan serta menganalisis pengaruh pengaruh ketidakseimbangan beban dan suhu eksternal terhadap susut umur transformator sebelum dan sesudah dilakukan penyeimbangan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini melakukan proses penyeimbangan beban di setiap fasanya dengan studi kasus Gardu Induk Garuda sakti mengunakan simulasi software ETAP 12.6.0. Maka didapatkan hasil penelitian setelah dilakukan penyeimbangan losses turun dari 3,7% A sampai nilai 0,2 % A dan mengurangi susut umur transformator dari 2,84 tahun sampai 1,93 tahun pada suhu rata-rata lingkungan 30°C akibat pengaruh ketidakseimbangan dan suhu eksternal yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:36
Last Modified: 14 Dec 2020 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31186

Actions (login required)

View Item View Item