Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) PADA UKM PEMPEK OGAN PALEMBANG

Chilsy Vebiola Sandy, - (2020) USULAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) PADA UKM PEMPEK OGAN PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali BAB Hasil Penelitian (BAB I II III VI).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
file BAB Hasil Penelitian (BAB IV dan V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

Chilsy Vebiola Sandy (2020): Usulan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan Blue Ocean Strategy Pada UKM Pempek Ogan Palembang. UKM Pempek Ogan adalah sebuah industri yang bergerak dibidang makanan. UKM ini berdiri sejak tahun 2007. Permasahalan yang terjadi pada UKM Pempek Ogan Palembang ini yaitu pengembangan inovasi jenis pempek yang terkesan monoton, strategi promosi yang dijalankan tidak cukup untuk meningkatkan penjualan, adanya pesaing dengan usaha sejenis. Dari permasalahan yang terjadi berdampak pada penjualan dan pendapatan yang menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang memperngaruhi dan menjadi unsur penyusun strategi pemasaran, menganalisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman untuk melihat posisi UKM saat ini serta menentukan strategi baru, usulan strategi pemasaran dalam menciptakan inovasi baru yang akan diterapkan pada UKM Pempek Ogan Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SWOT dan metode Blue Ocean Strategy. Metode SWOT merupakan metode yang digunakan untuk menentukan strategi yang ditempuh berdasarkan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang ada di UKM Pempek Ogan Palembang. Metode Blue Ocean Strategy merupakan metode untuk menciptakan sebuah inovasi nilai baru yang belum dimiliki oleh pesaing guna untuk mengalihkan diri dari persaingan yang ketat antar pelaku usaha. Berdasarkan penelitian diperoleh faktor internal dan Faktor eksternal. Melalui analisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman pada UKM Pempek Ogan Palembang dengan perhitungan matrik EFE dan IFE, didapatkan hasil posisi UKM saat ini berada pada kuadran II, dimana strategi yang tepat untuk diterapkan adalah startegi tumbuh dan membangun. Inovasi baru yang diterapkan pada UKM Pempek Ogan Palembang sebagai langkah untuk mengalihkan diri dari pesaing adalah menciptakan inovasi pada produk yaitu pempek beku dan pempek dengan bentuk unik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:02
Last Modified: 14 Dec 2020 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31181

Actions (login required)

View Item View Item