Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP OLOK-OLOK DALAM SURAT AT-TAUBAH : 64-65 DAN AL-AN'AM :91 (Study Komparatif Tafsir Ibnu Katsir, Al-Qur’an Al-Aisar, Dan Fi Zhilalil-Qur’an)

Yul Suriani, - (2020) KONSEP OLOK-OLOK DALAM SURAT AT-TAUBAH : 64-65 DAN AL-AN'AM :91 (Study Komparatif Tafsir Ibnu Katsir, Al-Qur’an Al-Aisar, Dan Fi Zhilalil-Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
SKRIPSI YUL SURIANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

KONSEP OLOK-OLOK DALAM SURAT AT-TAUBAH : 64-65 DAN AL-AN'AM :91 (Study Komparatif Tafsir Ibnu Katsir, Al-Qur’an Al-Aisar, Dan Fi Zhilalil-Qur’an) Yul Suriani Abstrak Islam merupakan satu-satunya agama yang diterima disisi Allah, dan menjadi jalan keselamatan bagi umat manusia untuk menjalani kehidupan di dunia dan kehidupan kelak di akhirat. Namun penomena yang terjadi islam di olok-olok oleh orang-orang munafik yang mengaku beriman dan orang-orang kafir yang selalu tidak senang dengan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif Al-Qur‟an terhadap olok-olok yang dilakukan oleh orang-orang munafik dan orang-orang kafir tersebut pada surat At-Taubah 65-66 dan Al-An‟am : 91, melalui pendapat-pendapat para ahli-ahli tafsir.Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan tafsir tahlili. Sumber primernya adalah tafsir Ibnu Katsir, Fi Zhilalil Qur‟an dan tafsir Al-Qur‟an Al-Asar. Sedangkan sumber data sekundernya adalah buku-buku, majalah dan sumber lain yang berupa tulisan yang memiliki keterkaitan dan relevan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dengan dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode tahlili yaitu menafsirkan ayat-ayat Al-Qur‟an dengan memaparkan baik ayat demi ayat, surah demi surah sesuai urutan mushaf, yang isinya mencakup segala aspek yang terkandung dalam ayat seperti pengertian kosakata, konotasi kalimat, sebab turunnya ayat (asbab an-nuzul), hubungan ayat dengan sebelum dan sesudahnya atau dengan ayat yang lain (Munasabah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pada surat At-Taubah 65-66, terjadi peristiwa olok-olok yang dilakukan oleh orang-orang munafik terhadap orang-orang mukmin ketika perang Tabuk dengan mengatakan Aku tidak melihat para Qari‟ kita, melainkan mereka adalah orang yang paling banyak makannya, paling pembohong lisannya dan paling pengecut menghadapi musuh.” 2) pada surat Al -An‟am 91, terjadi olok-olok oleh kaum kafir dengan mengatakan : “Allah tidak menurunkan sesuatu apapun kepada manusia!” 3) konsekuensi yang diterima oleh orang yang memperolok adalah menjadi kafir jika tidak bertaubat, Allah akan mengungkapkan jati diri mereka sehingga semua orang akan mengetahui bahwa mereka adalah golongan orang-orang yang munafik, Allah akan membiarkan mereka tetap dalam ketidaktahuan dan kebodohan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:12
Last Modified: 16 Dec 2020 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31175

Actions (login required)

View Item View Item