Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN ALAT PENGAWAS PEMAKAIAN LISTRIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET OF THINGS (IOT) TERINTEGRASI WEB DAN TELEGRAM (Studi Kasus: Perumahan Green Panam Regency)

DESWITA ADLYANI SIREGAR, - (2020) RANCANG BANGUN ALAT PENGAWAS PEMAKAIAN LISTRIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET OF THINGS (IOT) TERINTEGRASI WEB DAN TELEGRAM (Studi Kasus: Perumahan Green Panam Regency). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISA)
BAB IV HASIL DAN ANALISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
TA LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Listrik merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia dan banyak aktivitas rumah tangga sulit dilakukan secara maksimal tanpa adanya energi listrik. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan mayoritas perangkat rumah tangga beroperasi dengan listrik sebagai sumber energinya utamanya. Namun sayang, masih ada energi listrik digunakan tidak sesuai kebutuhan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis mengusulkan mengimplemantasikan alat yang mengawasi penggunaan listrik rumah tangga dengan menambahkan sistem IoT yang terintegrasi web dan Telegram, komponen elektronika yang digunakan MCB, ESP8266 NodeMCU, PZEM004T dan Buzzer. MCB sebagai catu daya untuk menghidupkan mikrokontroler, modul PZEM-004T mengukur pemakaian listrik, ESP8266 NodeMCU sebagai modul WiFi mengirimkannya ke database dan bot Telegram dan buzzer pemberi peringatan jika pemakaian listrik berlebihan. Sistem IoT yang terintegrasi web dan Telegram menampilakan jumlah pemakaian listrik dan biaya listrik setiap harinya. Dari hasil penerapan sistem tersebut mampu mengurangi pemakaian listrik yang digunakan penghuni rumah. Hasil pengukuran yang diperoleh memiliki rata-rata nilai error pada setiap rumah terpasang sebesar 3,8%. hasil pengujian dan implementasi sistem ini berhasil mengurangi pemakaian listrik rata-rata yang digunakan penghuni rumah sebesar 15,25% dibandingkan pemakaian konvensional. Kata Kunci : IoT, Interface, Web,Bot Telegram, Database, ESP8266 NodeMCU, PZEM-004T, WiFi dan Buzzer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:13
Last Modified: 14 Dec 2020 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31171

Actions (login required)

View Item View Item