Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs DINIYAH PUTERI PEKANBARU

Wina Lestari, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (42MB)

Abstract

ABSTRAK Wina Lestari, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan siswa belajar menggunakan pembelajaran langsung, jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa, dan ada tidaknya pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Diniyah Puteri Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling berdasarkan pertimbangan guru bahwa kemampuan dan kemandirian belajar siswa sama dan dibuktikan secara statistika. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, data disimpulkan bahwa : 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 73,92 dan rata-rata kelas kontrol adalah 60,62. 2) Jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan konsep matematis. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Dec 2020 03:35
Last Modified: 11 Dec 2020 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31142

Actions (login required)

View Item View Item