KONSEP ADAB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Syahri Kismanto, (2016) KONSEP ADAB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Latar belakang pemilihan "konsep adab dan Relevansinya dengan pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas" sebagai judul tesis ini, didasarkan terhadap kenyataan bahwa hari ini perkembangan ilmu pengetahuan telah membawa hilangnya adab dalam diri umat Islam. Hilangnya adab yang dimaksud di sini oleh al-Attas adalah "hilanglah disiplin dalam diri dalam mengenal dan mengakui atas tempat yang tepat bagi seseorang dalam hubungannya dengan diri, masyarakat, dan umatnya; hilanglah disiplin dalam diri dalam mengenal dan mengakui atas tempat seseorang yang semestinya dalam hubungannya dengan kemampuan dan kekuatan jasmani, intelektual dan spiritual seseorang itu; hilanglah disiplin dalam diri dalam mengenal dan mengakui atas hakikat bahwa ilmu dan wujud itu tersusun secara hirarki. Inilah kenapa dalam waktu yang cukup lama kepemimpinan umat Islam tidak mampu bangkit dan terus berada dibelakang umat-umat lainnya" Adapun permasalahan yang dibahas dalam tesisi ini sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep adab menurut al-Attas? (2) Bagaimana relevansi konsep adab dengan pendidikan Islam menurut al-Attas? Selanjutnya penelitian dalam tesis ini didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan (Library research) menggunakan berbagai sumber kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Sedangkan Metode penelitian dalam tesis ini adalah metode content analysis). Content analysis merupakan bagian metode penelitian dokumen. Dengan content analysis, dimaksudkan untuk menampilkan berbagai pemikiran tentang konsep adab dan relevansinya terhadap pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas sehingga dapat disusun secara ilmiah dan sistimatis. Agar dapat dipahami secara jernih, jelas dan tepat. Hasil penelitian yang diperoleh melalui konsep ini adalah untuk melahirkan manusia yang sadar insaf akan tanggung jawabnya kepada Allah SWT yang senantiasa disembah; yang memahami dan melaksanakan tanggung jawabnya kepada diri sendiri dan kepada masyarakat dengan adil dan yang senantiasa berusaha memperbaiki setiap aspek dirinya ke tahap yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:15
Last Modified: 22 Mar 2016 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item