Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Pemasaran dan Prosedur Pembiayaan Konsumtif dengan Akad Murabahah di PT. BANK BNI Syariah KC Panam Arengka Pekanbaru

ASRIL HADAMEAN, - (2020) Strategi Pemasaran dan Prosedur Pembiayaan Konsumtif dengan Akad Murabahah di PT. BANK BNI Syariah KC Panam Arengka Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

ABSTRAK ASRIL HADAMEAN (2020): Strategi Pemasaran dan Prosedur Pembiayaan Konsumtif dengan Akad Murabahah di PT. BANK BNI Syariah KC Panam Arengka Pekanbaru PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankaan yang kegiatannya memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik jasa maupun produk perbankan lainnya.PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru dibentuk secara mandiri melalui tim proyek internal. Pola yang digunakan PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah untuk masuk kedalam pasar perbankan syariah adalah Dual System Banking. BNI syariah siap memasuki pasar, awal 2010, Unit Syariah BNI resmi melakukan pemisahan (Spin Off) dari induknya. Para pemegang saham dan dewan komisaris BNI telah menyetujui rencana BNI syariah itu menjadi bank umum murni syariah. Spin off dilakukan sebagai langkah strategi BNI dalam merespon perkembangan faktor-faktor eksternal, yaitu situasi ekonomi, kebutuhan pasar dan regulasi, serta faktor internal, antara lain corporate plan, kesiapan organisasi, dan Coustomer Base, melalui Spin Off ini, manajemen BNI Syariah akan lebih fokus dalam mengelola bisnis, independen, fleksibel serta responsif dalam memenuhi kebutuhan nasabah sehingga BNI Syariah dapat menjadi bank syariah pilihan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan prosedur pembiayaan konsumtif dengan akad murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Pekanbaru, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BNI Syariah khususnya pada pembiayaan konsumtif yaitu dengan memilih merumuskan pasar yang dituju yaitu mengunakan strategi Soft Selling, Hard Selling dan Personal Selling. Selain itu, dengan mengembangkan atau bauran pemasaran yang terdiri dari empat unsur yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Strategi yang digunakan BNI Syariah KC Panam Arengka juga dengan menggunakan media brosur dan spanduk yang diletakkan di depan Kantor BNI Syariah Panam Arengka. Penggunaan brosur dikarenakan lebih efektif dan efisien dalam menginformasikan produk-produk yang dimiliki, seperti manfaat, harga, keunggulan serta perbedaan produk pembiayaannya seperti pembiayaan konsumtif yang dimiliki oleh BNI syariah dengan yang lainnya. Sedangkan penggunaan spanduk supaya mempermudah masyarakat untuk mengetahui produk yang dimiliki BNI Syariah KC Panam Arengka ketika melintas di depan kantor. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Pembiayaan Konsumtif Dengan Akad Murabahah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Dec 2020 09:46
Last Modified: 10 Dec 2020 09:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item