Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENGUPAHAN ANAK BUAH KAPAL (ABK) PENANGKAP IKAN DI CV. KARYA SAMUDERA KECAMATAN KARIMUN KEPULAUAN RIAU PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM

Elma Theana, - (2020) SISTEM PENGUPAHAN ANAK BUAH KAPAL (ABK) PENANGKAP IKAN DI CV. KARYA SAMUDERA KECAMATAN KARIMUN KEPULAUAN RIAU PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Elma Theana (2020): “sistem pengupahan anak buah kapal (ABK) Penagkap ikan di CV. Samudera di Kecamatan Karimun Kepulauan Riau Prespektif Ekonom Islam” Latar belakang penelitian bahwa secara geografis kecamatan karimun diapit oleh beberapa pulai, ini memberikan potensi yang besar bagi masyarakat sekitar untuk menjadi nelayan penangkap ikan. salah satunya yaitu CV. samudera. Salah satu berdasarkan observasi awal pemilik kapal mengatakan bahwa dalam mencari ikan mereka berlayar sampai beberapa bulan 3 sampai 5 bulan, ikan hasil tangkapan bermacam-macam ikan tuna, ikan pare dan lainnya.untuk pembagian upah ditentukan diawal baik untuk ABK penyortir dan ABK penangkap. namun fenomena yang didapat dilapangan masih adanya pembagian upah yang kurang adil atara ABK yang rajin dan malas bekerja , dan upah terkadang dibagikan tidak tepat waktu. maka dirumuskan masalah Bagaimana sistem penetapan upah anak buah kapal penagkap ikan di CV. Karya samudera di kecamatan Karimun , Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap sistem penetapan upah anak buah kapal penagkap ikan di CV. Karya samudera di kecamatan Karimun Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Buah Kapal sebanyak 52 orang. Semua populasi dijadikan sampel dengan metode Total sampling. teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dikumentasi dan study kepustakaan. kemudian dianalisa mengunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sistem pengupahan anak buah kapal pennagkap ikan di CV. Karya Saudera di kecamatan Karimun dari sistem peneriman karyawan tidak sulit dengan syarat bisa meninggalkan kelarga berbuln-bulan, dan untuk pengupahan dihitug perhari. maka dari hasil penelitian di dapat bahwa: upah dijelaskan diawal dengan tanggapan ia 47 orang atau 90,3%, adanya bonus 27 orang atau 51,9%, dan bisa memenuhi kebutuhan pokok 38 orang atau 75%. namun masih ada keterlambatan pembayaran upah dengan tangapan 25 orang atau 48%, dan belum bisa membiayai sekolah anak dengan tanggapan 27 orang atau 51,9%. tinjauan ekonomi islam Penetapan upah anak buah kapal dari prinsip ekonomi islam. Ditemukan temuan bahwa upah diberikan sebelum keringat kering dan upah diberikan secara adil belum sepenuhnya terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:28
Last Modified: 04 Dec 2020 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31098

Actions (login required)

View Item View Item