Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MUTU FISIK ALPUKAT (Persea americana L.) DENGAN LAMA PENGANGKUTAN BERBEDA

Intan Permata Sari, - (2020) ANALISIS MUTU FISIK ALPUKAT (Persea americana L.) DENGAN LAMA PENGANGKUTAN BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

Alpukat merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah tropis. Perlakuan yang kurang sempurna selama pengangkutan dapat menyebabkan jumlah kerusakan komoditi mencapai ± 30%-50% hingga sampai ke tempat tujuan. Goncangan yang terjadi selama pengangkutan baik di jalan raya atau di kereta api dapat mengakibatkan kememaran, susut bobot dan memperpendek masa simpan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lama pengangkutan terhadap mutu fisik alpukat ditinjau dari susut bobot, kerusakan mekanis, perubahan warna, kekerasan, dan kadar air. Penelitian telah dilaksanakan pada Bulan Oktober sampai dengan November 2018 di Laboratorium Balai Penelitian Buah Tropika Solok, Sumatera Barat. Perlakuan yang diberikan adalah tanpa pengangkutan (kontrol), dua jam pengangkutan, empat jam pengangkutan, enam jam pengangkutan dan delapan jam pengangkutan dengan desain eksperimen rancangan acak lengkap (RAL) satu faktor. Peubah pengamatan adalah susut bobot, persentase kerusakan mekanis, perubahan warna, kekerasan, dan kadar air. Lama pengangkutan tidak berpengaruh nyata terhadap susut bobot, persentase kerusakan mekanis, perubahan warna, kekerasan, dan kadar air. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lama waktu pengangkutan tidak berpengaruh nyata terhadap sifat fisik alpukat seperti susut bobot, persentase kerusakan mekanis, perubahan warna, kekerasan, dan kadar air alpukat. Hal ini dikarenakan alpukat menggunakan kemasan karton bersekat dengan anti getar foam net yang berfungsi untuk melindungi buah dari benturan dan goncangan selama simulasi pengangkutan serta alpukat disusun secara teratur ke arah vertikal dengan satu layer agar dapat mengurangi kerusakan mekanis akibat benturan pada dinding kemasan. Kata kunci : Alpukat, Mutu Fisik, Transportasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:20
Last Modified: 04 Dec 2020 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31094

Actions (login required)

View Item View Item